Membangun Mental Kaya bersama PT. Aneka Busa Indonesia

November 24, 2021

MEMBANGUN MENTAL KAYA

Mental Kaya Kasur SPEQ

Kemarin saya kedatangan calon mahasiswa baru, pada saat sesi wawancara saya kebetulan yang langsung mewancarai mereka.

Ada 3 point pertanyaan yang saya sampaikan

  1. Apa tujuan anda kuliah?
  2. Kalo nanti kuliah ada mata kuliah bisnis, karena konsep belajar di Areta Informatics College kampus full praktek, maka anda harus bisa jualan, Anda mau jualankah?
  3. Anda pernah punya pengalaman jualakah?

Pertanyaan pertama rata rata mereka menjawab, tujuan kuliah adalah mencari ilmu, dengan ilmu tersebut mendapatkan skill dan dari skill tersebut bisa melamar pekerjaan menjadi karyawan.

Tidak ada yang salah dari jawaban mereka, jawaban mereka benar, hampir semua calon mahasiswa yang pernah saya tanya jawaban mereka adalah jawaban standar seperti di atas.

Inilah pola pikir yang tertanam yang ada dalam anak didik kita sampai mereka lulus kuliah. Kuliah, setelah lulus cari kerja. Pada saat wawancara saya sering sharing kepada mereka tentang pentingnya membangun mental kaya. Bahwa kita dalam mendapatkan rezeki tidak hanya melalui cara menjadi karyawan dengan bekerja di perusahaan atau instansi tertentu.

Namun ada cara lain loh yakni dengan menjadi pengusaha atau entrepreneur. Nah bagaimana caranya? Ini berkaitan dengan pertanyaan kedua dan ketiga di atas. Pertanyaan kedua rata rata mereka menjawab dengan ragu ragu mau pak, tapi saya tau dari mimik muka mereka bahwa ada rasa malu untuk jualan apalagi dengan model sales nawar nawarin ke orang orang.

Pertanyaan ketiga ada yang menjawab pernah pak jaga warung orang tua, pernah pak jualan kaos di pasar, dan lain sebagainya. Dari ragam jawaban mereka tentunya pada saat wawancara prioritas kami memilih mahasiswa adalah yang mau sungguh sungguh belajar, dan mau untuk jualan dan tidak malu untuk jualan.

Mengapa? Karena ketika mereka mampu dan punya mental jualan sesungguhnya itu adalah modal mereka untuk memiliki mental kaya. Ketika sudah punya mental kaya, maka untuk menjadi kaya sesungguhnya hanya menunggu waktu.

Saya sederhanakan dengan bercerita bahwa hampir semua orang orang sukses di dunia ini dan memiliki kekayaan berlimpah sesunggunya mereka mereka punya mental kaya. Salah satu cara sederhana untuk membangun mental kaya adalah dengan cara jualan. Ada salah satu calon mahasiswa yang akhirnya nyeletuk tuh, pak saya sudah pernah pak dagang, barangnya habis, modalnya juga habis pak gak ada untungnya. Terus untuk buka usaha lagikan butuh modal?

Saya jawab dengan jawaban pertanyaan kedia, siapa bilang untuk buka usaha dan berdagang atau jualan harus pakai modal uang? Mau tau gak caranya anda bisa jualan dan punya penghasilan dan bahkan bisa jadi bisnismu sendiri tanpa modal?

Nih saya kasih contohnya https://bit.ly/PromoGratisBantal

Saya jelasin caranya, saya sampaikan keuntungannya dan saya berikan tip dan triknya. Oh ternyata begitu ya pak, bisa donk kami menjadi bagian dari bisnis bapak. Bisa donk, masa enggak. 😊 saya bilang bisnis itu harus berjamaah, biar kayanya bisa bareng bareng.

Membangun Mental Kaya Kasur SPEQ